Senin, 19 Januari 2015

Mar Kita Berbudidaya Bunga Matahari

Bunga Matahari (Helianthus annuus L.) yaitu tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang popular, baik juga sebagai tanaman hias ataupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangatlah khas : besar, umumnya berwarna kuning jelas, dengan kepala bunga yang besar (diameter dapat meraih 30cm). Bunga ini sebenarnya yaitu bunga majemuk, tersusun dari beberapa ratus sampai beberapa ribu bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga mempunyai tingkah laku khas, yakni bunganya senantiasa menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Perancis menyebutnya tournesol atau " pengelana Matahari ". Akan tetapi, karakter ini disingkirkan pada beragam kultivar baru untuk produksi minyak lantaran mengonsumsi banyak daya serta kurangi hasil. 
Bunga Matahari adalah bunga nasional RRC serta bunga resmi negara sisi Kansas, Amerika Serikat. 

Tumbuhan terna semusim yang datang dari Amerika Tropik sisi utara (Meksiko), tinggi 3m hingga 5m bergantung varietasnya. Daun tunggal lebar. Batang umumnya ditumbuhi rambut kasar, tegak, tidak sering bercabang. 
Bunga tersusun majemuk. Ada dua jenis bunga : bunga pinggir atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah serta steril, serta bunga tabung yang fertil serta membuahkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya dapat meraih 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka (silang) serta dibantu oleh serangga. Pada hari yang cerah, tandan bunga majemuk ikuti gerakan harian Matahari (asal nama tumbuhan ini), yang gejalanya dimaksud heliotropisme. Tumbuhan memperoleh keuntungan 10% lebih fotosintesis lantaran gerakan ini. 
Buahnya bertipe buah kurung (achene). Buah kering berdinding agak keras serta tidak terlampau tidak tipis ini kerap diduga 'biji' bunga Matahari, lantaran memanglah tidak bisa dengan gampang dibedakan. Biji yang sebenarnya terdapat didalam, terlindung oleh buah yang sama tempurung. 

Ada empat grup budidaya untuk bunga Matahari yang dibedakan berdasar pada manfaatnya. Kultivar yang dirakit umumnya diarahkan pada salah satu manfaat spesifik saja. 
Grup penghasil minyak, digunakan minyak bijinya. Biji grup ini mempunyai cangkang biji yang tidak tebal. Kandungan minyaknya sekitar 48% sampai 52%. Untuk membuahkan satu liter minyak dibutuhkan biji dari kurang lebih 60 tandan bunga majemuk. 
Grup pakan ternak, dipanen daunnya juga sebagai pakan atau pupuk hijau. 
Grup tanaman hias, yang mempunyai warna kelopak yang beragam serta mempunyai banyak cabang berbunga, 
Grup kuaci, untuk dipanen bijinya juga sebagai bahan pangan.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Halo para pengunjung, disini saya membuka blog untuk berbagi pengalaman saya dalam berkebun bunga dll. Seperti hal nya penghobi bunga, saya sangat menyukai keindahan bunga - bunga yang mekar. Tentunya bunga anggrek yang saya sukai, karena mudah perawatannya. Oleh sebab itu saya mengajak para pembaca untuk memaksimalkan halaman rumah anda untuk menjadikan ruang terbuka hijau supaya suasana sekitar rumah terasa asri dan sehat. Nah untuk uran bibit, saya selalu membeli di toko online benihbunga.net dikarenakan kualitas bibitnya bagus dan harganya juga terjangkau. Ayo tunggu apalagi, jadikan hidup anda menjadi lebih sehat. :)
Diberdayakan oleh Blogger.