Senin, 26 Januari 2015

Anggrek Hitam Asal Kalimantan Yang Cantik

Sekarang ini tidak susah untuk nikmati keindahan Anggrek Hitam yang memanglah tanaman asli pulau Kalimantan. Lantaran, ada pihak yang bakal bersedia mensupport kelestraian dari Anggrek Hitam itu. 

Pesona Anggrek Hitam atau Coelogyne pandurata memanglah mempunyai daya tarik sendiri. Terkecuali dinobatkan juga sebagai maskot flora dari Kalimantan Timur, Anggrek Hitam ini bahkan juga telah jadi salah satu program utama untuk Pertamina untuk mensupport pelestarian keanekaragaman hayati. Pertamina berbarengan Persatuan Anggrek Indonesia serta BLH Kota Balikpapan sudah bangun rumah perawatan anggrek. 

Berjarak kurang dari 100 mtr. di areal Terminal BBM Balikpapan di Kalimatan Timur, Rumah Taman Anggrek yang berornamen khas Kalimantan bakal menegur tiap-tiap orang yang datang, diwarnai dengan kicauan burung, rimbunnya pohon serta beberapa ratus pohon anggrek seprti anggrek bln., anggrek macan, dayana, termasuk juga anggrek hitam. Pengelolaan Taman Anggrek dengan diawali housetraining yakni, langkah perawatan serta pengembangbiakan anggrek, dan pembuatan kompos serta pupuk alami anggrek. 

“Kegiatan ini juga sebagai usaha dari kami untuk mensupport pelestarian keanekaragaman hayati, terutama tanaman asli Kalimantan yang dilindungi. Langkahnya dengan memakai tempat yang ada di seputar daerah operasi kami. ” Terang Junior Customer Relation, Pertamina Marketing Operation Region VI Dhika Edwina. 

Perawatan anggrek di lingkungan Terminal BBM Balikpapan dikerjakan oleh pekerja taman didampingi oleh pekerja Pertamina. “Tiap type ada musimnya. Seperti anggrek hitam berbunga 5 kali dalam satu bulan dengan lama mekar seputar 7 hari, ” kata Suharto, perawat anggrek di Terminal BBM Balikpapan. 

Letak rumah anggrek yang berdekatan dengan Terminal BBM Balikpapan nyatanya mempunyai efek positif untuk penyaluran limbah dari terminal itu. Umpamanya saja, limbah sampah Terminal BBM yang bisa digunakan serta di proses juga sebagai pupuk serta air limbah pendingin ruang yang digunakan juga sebagai air untuk menyirami tanaman. 

 “Kami mengharapkan usaha yang kami kerjakan dalam memberi peran untuk pelestarian flora, dapat memberi faedah untuk lingkungan baik di sekiar daerah operasi serta sekitar lingkungan. " tegas Dhika.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Halo para pengunjung, disini saya membuka blog untuk berbagi pengalaman saya dalam berkebun bunga dll. Seperti hal nya penghobi bunga, saya sangat menyukai keindahan bunga - bunga yang mekar. Tentunya bunga anggrek yang saya sukai, karena mudah perawatannya. Oleh sebab itu saya mengajak para pembaca untuk memaksimalkan halaman rumah anda untuk menjadikan ruang terbuka hijau supaya suasana sekitar rumah terasa asri dan sehat. Nah untuk uran bibit, saya selalu membeli di toko online benihbunga.net dikarenakan kualitas bibitnya bagus dan harganya juga terjangkau. Ayo tunggu apalagi, jadikan hidup anda menjadi lebih sehat. :)
Diberdayakan oleh Blogger.