Minggu, 01 Februari 2015

Tanaman Rambat Yang Cantik

Sirih gading atau devil’s ivy yaitu salah satu tanaman hias indah yang bandel. Bandel lantaran dengan media tanam seadanya (bahkan juga cuma dengan botol berisikan air saja) serta tanpa ada perawatan yang rumit, sirih gading bisa tumbuh dengan subur. Tanaman hias ini bisa ditanam baik diluar ruang ataupun didalam ruang. Dalam media pot ataupun segera di tanah. 

Nama latin tumbuhan ini yaitu Epipremnum aureum (Linden & André) G. S. Bunting dengan sebagian nama persamaan kata sekalian. Diantara sebagian nama persamaan kata tanaman dari famili Araceae ini yaitu Epipremnum mooreense Nadeaud, Pothos aureus Linden & André, Rhaphidophora aurea (Linden & André) Birdsey, serta Scindapsus aureus (Linden & André) Engl. Dalam bhs Inggris tanaman ini sering dinamai golden pothos, hunter’s robe, ivy arum, money plant, taro vine, atau devil’s ivy. 

Sirih gading terkadang juga dipakai untuk menamai tanaman dari famili Oleaceae, yakni tumbuhan Srigading (Nyctanthes arbor-tristis L.). 

Sirih gading (Epipremnum aureum) adalah tanaman merambat semi-epifit anggota famili Araceae. Gampang dikenali dari bentuk serta warna daunnya. Daunnya berupa hati, bertangkai, serta berwarna belang kuning cerah sampai kuning pucat. Daun tumbuh berselang-seling di batangnya. Di habitat alami tumbuh merambat pada batang pohon lain sampai menutupi batang itu. Tanaman ini dapat tumbuh sampai setinggi 20 mtr. dengan batang berdiameter sampai 4 cm. 

Disangka sirih gading adalah tumbuhan yang asli menempati lokasi Australia sisi utara, Indonesia, Malaysia, sampai Jepang serta India. 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Halo para pengunjung, disini saya membuka blog untuk berbagi pengalaman saya dalam berkebun bunga dll. Seperti hal nya penghobi bunga, saya sangat menyukai keindahan bunga - bunga yang mekar. Tentunya bunga anggrek yang saya sukai, karena mudah perawatannya. Oleh sebab itu saya mengajak para pembaca untuk memaksimalkan halaman rumah anda untuk menjadikan ruang terbuka hijau supaya suasana sekitar rumah terasa asri dan sehat. Nah untuk uran bibit, saya selalu membeli di toko online benihbunga.net dikarenakan kualitas bibitnya bagus dan harganya juga terjangkau. Ayo tunggu apalagi, jadikan hidup anda menjadi lebih sehat. :)
Diberdayakan oleh Blogger.