Rabu, 04 Februari 2015

Ini Ciri dan Karakteristik Bunga Air Mata Pengantin

Bunga air mata pengantin yaitu tumbuhan merambat (liana). Batang antigonon berusuk dengan panjang setiap rusuk seputar 3-6 cm. Batang itu mempunyai bulu-bulu halus dan ruas rusuk yang menggembung. Pada batangnya juga ada alat pembelit yang berperan untuk ‘membelit’ pohon rambatan hingga mensupport tegaknya tanaman. 

Daunnya berupa jantung, berwarna hijau, serta permukaan daun yang bergelombang (tak rata). Panjang daun antigonon pada 5-10 cm. Bunga majemuk yang tersusun pada malai serta tumbuh dari ketiak daun. Mahkota bunga air mata pengantin terdiri atas 5 lembar berwarna merah jambu atau putih, yang semasing memiliki panjang seputar 7 mm. Bentuk tiga mahkota bunga terluar bulat telur atau mirip jantung, tengah bentuk dua mahkota yang lebih dalam lebih runcing. Sesudah seluruhnya mahkota mekar, mahkota bakal jadi membesar serta menyelubungi buah. Buahnya seperti selaput dengan warna kehijauan. 

Juga sebagai tanaman liana yang merambat, bunga air mata pengantin kerap diketemukan merambat pada pohon-pohon yang lain. Sedang bila di kembangkan juga sebagai tanaman hias di pekarangan ataupun di taman, bunga ini bisa dirambatkan pada pagar ataupun media rambat yang lain. Tanaman berbunga ini pernah jadi tanaman favorite untuk dirambatkan pada pergola hingga sekalian berperan juga sebagai peneduh. 

Di samping juga sebagai tanaman hias, nyatanya bunga air mata pengantin atau antigonon juga memiliki faedah juga sebagai tanaman obat herbal. Tumbuhan ini memiliki manfaat juga sebagai antidiabetes serta antitrombin. Diluar itu juga mempunyai kekuatan juga sebagai hepatoprotektif yang bisa membuat perlindungan rusaknya hati. Langkah pemanfaatannya yaitu dengan meng-ekstrak akar serta rimpang air mata pengantin. 

Klasifikasi Ilmiah Air Mata Pengantin. Kerajaan : Plantae. Filum : Tracheophyta. Kelas : Magnoliopsida. Ordo : Polygonales. Famili : Polygonaceae. Genus : Antigonon. Spesies : Antigonon flavescens, Antigonon guatemalense, serta Antigonon leptopus. 

3 komentar:

  1. Hi Encik,
    Saya ingin membeli benih pokok bunga air mata pengantin, bagaimana caranya?

    BalasHapus
  2. Dipekanbaru ada yang jual?
    Dan dimana tempatnya?

    BalasHapus

About

Halo para pengunjung, disini saya membuka blog untuk berbagi pengalaman saya dalam berkebun bunga dll. Seperti hal nya penghobi bunga, saya sangat menyukai keindahan bunga - bunga yang mekar. Tentunya bunga anggrek yang saya sukai, karena mudah perawatannya. Oleh sebab itu saya mengajak para pembaca untuk memaksimalkan halaman rumah anda untuk menjadikan ruang terbuka hijau supaya suasana sekitar rumah terasa asri dan sehat. Nah untuk uran bibit, saya selalu membeli di toko online benihbunga.net dikarenakan kualitas bibitnya bagus dan harganya juga terjangkau. Ayo tunggu apalagi, jadikan hidup anda menjadi lebih sehat. :)
Diberdayakan oleh Blogger.